#Kurikulum 2024
A. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
- Aspek Sikap:
- S01 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- S02 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
- S03 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,berbangsa
- S04 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- S05 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- S06 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- S07 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- S08 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- S09 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- S11 Berwawasan terbuka dan menghargai sikap dan pandangan berbeda dalam kerangka semangat Islam yang moderat
- Aspek Pengetahuan:
- P01 Menguasai konsep-konsep matematika dalam tujuan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan logika.
- P02 Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik
- P03 Menguasai konsep dan ilmu probabilitas dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- P04 Menguasai konsep dan teori konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- P05 Memahami konsep dasar tentang teori informasi yang berhubungan dengan komputasi numerik.
- P06 Memahami konsep dan teori tentang kalkulus differensial dan kalkulus integral dengan teorema dasar kalkulus
- P07 Memahami konsep dan teori dasar diskrit seperti logika himpunan, boolean dan graf.
- P08 Memahami konsep dan teori tentang persamaan linier dengan menggunakan matriks dan vektor.
- P09 Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- P10 Menerapkan Metode dan Praktik Penggunaan Kembali (Reusable) Subrutin-Subrutin.
- P11 Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian, dan pemelihaan sistem.
- P12 Memahami konsep-konsep algoritma dan kompleksitas meliputi konsepkonsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang. menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- P13 Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- P14 Menentukan pendekatan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, memilih representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
- P15 Memahami konsep dasar dan teori kecerdasan buatan berikut konsep dan turunan algoritmanya.
- P16 Memahami konsep dan teori tentang database, Rekayasa Perangkat Lunak, berikut pengujian perangkat lunak itu sendiri.
- P17 Memahami abstraksi dari ekskusi sebuah program pada sebuah sistem komputer.
- P18 Memahami prinsip dasar sistem jaringan komputer
- P19 Menunjukkan pengetahuan tentang keagamaan dan kebhinekaan masyarakat.
- Aspek Keterampilan Umum:
- KU01 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- KU02 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- KU03 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
- KU04 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
- KU05 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
- KU06 Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
- KU07 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
- KU08 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
- KU09 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
- KU10 Menerapkan intergrasi antara sains dan nilai spiritualisme dalam landasan konsep berfikir.
- Aspek Keterampilan Khusus :
- KK01 Memahami konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model – model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- KK02 Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- KK03 Menganalisis suatu sistem berbasis komputer secara efisien untuk menyelesaikan masalah. Menggunakan pemrograman prosedural dan berorientasi objek.
- KK04 Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar. grafis. dan citra. Menerapkan pendekatan berbagai sistem dihadapi.
- KK05 Menerapkan penggunaan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
- KK06 Evaluasi kinerja dari penerapan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi. termasuk dalam pemilihan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
- KK07 Menerapkan kecerdasan buatan dengan mengimplementasikan algoritma secara pendekatan yang berbeda yaitu supervised, unsupervised. dan semi supervised.
- KK08 Menganalisa implementasi algoritma secara secara pendekatan yang berbeda yaitu supervised, unsupervised, dan semi supervised.
- KK09 Mengevaluasi implementasi algoritma secara secara pendekatan yang berbeda yaitu supervised, unsupervised. dan semi supervised
- KK10 Membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer.
- KK11 Menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi komputer.
- KK12 Memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsepkonsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak, serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan komputer untuk memecahkan masalah tertentu.
- KK13 Merancang program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis. dan citra, serta dapat memvisualisasikannya.
- KK14 Membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer.
- KK15 Membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, sistem cerdas, dan bahasanatural
- KK16 Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data.
- KK17 Menganalisis sistem serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif.
- KK18 Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi komputer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi komputer
- KK19 Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform pada Mobile Computing, serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area.
- KK20 Merancang sistem keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- KK21 Mengimplementasikan konfigurasi keamanan informasi.
- KK22 Merancang sistem jaringan komputer serta melakukan pengelolaan secara kontinyu.
- KK23 Menerapkan algoritma paralel yang dapat memanfaatkan sumberdaya komputasi yang tersedia dengan efisien.
- KK24 Mengembangkan aplikasi sederhana berbasis jaringan.
- KK25 Mengidentifikasi akar masalah secara komprehensif, serta mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data.
- KK26 Menyarikan informasi ilmiah dan non-imiah secara mandiri dan kritis.
- KK27 Menerapkan variabel khasanah dan kearifan lokal sebagai bagian dari riset baik berupa data, subjek, maupun objek penelitian.
B. Sebaran Matakuliah
Sebaran matakuliah Semester I / Ganjil
KET | KODE MK | MATAKULIAH | TEORI | ||
TEORI | PRAKTEK | TOTAL | |||
Wajib | 2400000006 | Pancasila | 2 | 0 | 2 |
Wajib | 2407000004 | English For Pre Intermediate | 2 | 0 | 2 |
Wajib | 2407000006 | Bahasa Indonesia | 2 | 0 | 2 |
Wajib | 2407000003 | Bahasa Arab | 2 | 0 | 2 |
Wajib | 2407000002 | Literasi Digital | 2 | 1 | 3 |
Wajib | 2407000001 | Matematika Dasar | 2 | 0 | 2 |
Wajib | 2407025001 | Algoritma Dan Pemrograman | 2 | 2 | 4 |
Wajib | 2407025025 | Kalkulus | 3 | 0 | 3 |
Total | 20 |
Sebaran matakuliah Semester II / Genap
KET | KODE MK | MATAKULIAH | TEORI | ||
TEORI | PRAKTEK | TOTAL | |||
Wajib | 2400000001 | Islam Moderat | 3 | 0 | 3 |
Wajib | 2407027002 | Sistem Basis data 1 | 2 | 1 | 3 |
Wajib | 2400000002 | Studi Alquran dan Hadis | 3 | 0 | 3 |
Wajib | 2400000007 | Kewarganegaraan | 2 | 0 | 2 |
Wajib | 2400000005 | Mitigasi Bencana Dan Kearifan Lokal | 2 | 0 | 2 |
Wajib | 2407025003 | Pemograman Berorientasi Objek | 2 | 1 | 3 |
Wajib | 2407025026 | Logika Informatika | 2 | 0 | 2 |
Wajib | 2407025002 | Matematika Diskrit | 2 | 0 | 2 |
Total | 20 |
Sebaran matakuliah Semester III / Ganjil
KET | KODE MK | MATAKULIAH | TEORI | ||
TEORI | PRAKTEK | TOTAL | |||
Wajib | 2407027034 | English For Comunication | 2 | 0 | 2 |
Wajib | 2400000003 | Epistimologi Islam | 3 | 0 | 3 |
Wajib | 2400000004 | Metode Studi Islam | 3 | 0 | 3 |
Wajib | 2407027005 | Sistem Basis data 2 | 2 | 2 | 4 |
Wajib | 2407027113 | Jaringan Komputer | 1 | 2 | 3 |
Wajib | 2407025009 | Struktur Data | 2 | 1 | 3 |
Wajib | 2407025027 | Teori Kompleksitas | 3 | 0 | 3 |
Wajib | 2407025006 | Rekayasa Perangkat Lunak | 3 | 0 | 3 |
Total | 24 |
Sebaran matakuliah Semester IV / Genap
KET | KODE MK | MATAKULIAH | TEORI | ||
TEORI | PRAKTEK | TOTAL | |||
Wajib | 2407025028 | Desain dan Analisis Algoritma | 3 | 0 | 3 |
Wajib | 2407025004 | Web Programming 1 | 2 | 1 | 3 |
Wajib | 2407025029 | Pemograman Multi Platform | 2 | 1 | 3 |
Wajib | 2407027006 | Analisis & Desain Sistem Informasi | 3 | 0 | 3 |
Wajib | 2407027004 | Interaksi Manusia dan Komputer | 3 | 0 | 3 |
Wajib | 2407025030 | Metode Penelitian | 3 | 0 | 3 |
Wajib | 2407027036 | Statistik dan Probabilitas | 3 | 0 | 3 |
Wajib | 2407025031 | Sistem Operasi | 1 | 2 | 3 |
Total | 24 |
Sebaran matakuliah Semester V / Ganjil
KET | KODE MK | MATAKULIAH | TEORI | ||
TEORI | PRAKTEK | TOTAL | |||
Wajib | 2407025032 | Metode Numerik | 3 | 0 | 3 |
Wajib | 2407025010 | Keamanan Sistem Informasi | 3 | 0 | 3 |
Wajib | 2407025008 | Kecerdasan Buatan | 2 | 1 | 3 |
Wajib | 2407025007 | Web Programming 2 | 2 | 1 | 3 |
Wajib | 2407025020 | API Programming | 2 | 1 | 3 |
Wajib | 2407025033 | Organisasi dan Arsitektur Komputer | 3 | 0 | 3 |
Peminatan Rekayasa Perangkat Lunak | |||||
Wajib | 2407025034 | Penjaminan Mutu Perangkat Lunak (SQA) | 3 | 0 | 3 |
Wajib | 2407025035 | Proyek Perangkat Lunak | 3 | 0 | 3 |
Peminatan Sistem Cerdas | |||||
Wajib | 2407025045 | Text Mining | 2 | 1 | 3 |
Wajib | 2407025036 | Natural Language Processing | 2 | 1 | 3 |
Total | 24 |
Sebaran matakuliah Semester VI / Genap
KET | KODE MK | MATAKULIAH | TEORI | ||
TEORI | PRAKTEK | TOTAL | |||
Wajib | 2407000005 | Enterpreneurship | 2 | 0 | 2 |
Wajib | 2407025037 | Manajemen Proyek Teknologi Informasi | 3 | 0 | 3 |
Wajib | 2407025038 | Etika Profesi Teknologi Informasi | 3 | 0 | 3 |
Wajib | 2407027003 | Technopreneurship | 2 | 0 | 2 |
Wajib | 2407025039 | Pemodelan dan Simulasi | 2 | 1 | 3 |
Peminatan Rekayasa Perangkat Lunak | |||||
Wajib | 2407025040 | Rekayasa pra-syarat (requirement Engineering) | 3 | 0 | 3 |
Wajib | 2407025041 | Rekayasa Perangkat Lunak Lanjut | 3 | 0 | 3 |
2407025042 | Arsitektur dan Integrasi Enteprise | 3 | 0 | 3 | |
Peminatan Sistem Cerdas | |||||
Wajib | 2407025046 | Sistem Temu Kembali Informasi | 3 | 0 | 3 |
Wajib | 2407025043 | Computer Vision & Pattern Recognition | 3 | 0 | 3 |
2407025044 | Deep Learning | 3 | 0 | 3 | |
Total | 22 |
Sebaran matakuliah Semester VII / Ganjil
KET | KODE MK | MATAKULIAH | TEORI | ||
TEORI | PRAKTEK | TOTAL | |||
Wajib | 2407000008 | KKN | 0 | 3 | 3 |
Wajib | 2407000009 | Praktek Kerja | Magang | 0 | 3 | 3 |
Total | 6 |
Sebaran matakuliah Semester VIII / Genap
KET | KODE MK | MATAKULIAH | TEORI | ||
TEORI | PRAKTEK | TOTAL | |||
Wajib | 2407000010 | Skripsi | 6 | 0 | 6 |
Total |